Mengenai saya

Foto Saya
makanan tradisional indonesia
Lihat profil lengkapku

Daftar isi

Kamis, 29 Desember 2011

Makanan Kupang khas jawa timur


Kupang Lontong

Kupang lontong adalah nama makanan khas daerah Jawa Timur. Makanan ini terkenal khususnya di daerah Surabaya dan Sidoarjo. Bahan utama yang digunakan adalah "Kupang" yaitu hewan laut semacam kerang, bentuknya kecil. Biasanya dipadukan dengan es kel


Makanan Kupang



Kalau berkunjung ke daerah Jawa Timur pasti ada jenis makanan yang namanya kupang. Apa sih Kupang?? Makanan ini  sangat jarang ditemukan di kota Jabodetabek, oleh karena itu banyak masyarakat yang belum mengetahui bahkan mendengar makanan kupang ini. Saya juga baru pertama kali makan kupang ini saat saya berkunjung ke Jember, Jawa Timur. Saat mencoba mencicipinya, awalnya saya bertanya – tanya kupang ini hewan atau sejenis tumbuhan ya? Walau saya sudah pernah mencicipinya tapi saya belum tau pasti apa sih sebenarnya kupang ini, dan bagaimana memasaknya sehingga bisa menjadi makanan yang lezat. Kita coba cari tahu lebih banyak tentang kupang ini.

Kupang ternyata adalah hewan laut sejenis kerang yang berbentuk sangat kecil. Hewan kerang ini sering disebut kerang putih atau Corbula Faba (Latin). Ditemukan hidup di lumpur air asin. (1)

Kupang ini lalu dimasak menjadi masakan lezat seperti Lontong Kupang, kupang sayur, kupang saus tiram dll. salah satu masakan yang khas dari kupang adalah lontong kupang. masakan tersebut berupa kuah berbumbu yang di dalamnya berisi kupang, lontong, dan lentho singkong. bumbu utama masakan ini adalah petis udang. makanan lontong kupang merupakan makanan khas Kabupaten Sidoarjo.
Kalau anda sedang berada di daerah Jawa Timur, mampirlah dan cicipilah makanan kupang ini. 

Related Post



Komentar :

ada 0 komentar ke “Makanan Kupang khas jawa timur”

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

alexa

Alexa Certified Traffic Ranking for http://coretanagnes.blogsppot.com

recent post

jam

bagaimana blok ini ?

Label

Labels

Followers

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by InFoGauL