Mengenai saya

Foto Saya
makanan tradisional indonesia
Lihat profil lengkapku

Daftar isi

Sabtu, 05 November 2011

DONCANG


Docang, makanan tradisional khas Cirebon, Jawa Barat

Docang pernah dengar kah? Akupun lupa-lupa ingat nih, apa aku pernah makan docang yah? Soalnya aku juga pernah tinggal di Kota Cirebon kurang dari 3 tahun ketika sekolah STM. Nah, Docang ini diracik dengan bahan baku segar, mulai dari daun singkong, taoge rebus, hingga parutan kelapa. Ditambah dengan lontong dan kuah bercampur dage (oncom).
Ternyata, makanan docang ini memiliki sejarah tersendiri lho pada jaman dulunya. Tepatnya pada jaman para wali. docang makanan khas Cirebon, Jawa BaratKetika para wali ini menyebarkan agama Islam masuk ke pelosok Jawa, muncullah Pangeran Rengganis yang mempunyai niat untuk membunuh para wali dengan docang. Dialah yang pertama kali membuat docang dan menghidangkannya ke tengah-tengah para wali yang sedang berkumpul di Masjid Sang Cipta Rasa, Keraton Kasepuhan Cirebon.
Setelah para wali makan docang itu, para wali bukannya mati, merekan malah ketagihan dan mereka minta tambah. Sampai sekarang, kebiasaan menyantap docang setiap menjelang Maulid Nabi Muhammad Saw menjadi tradisi. Anda dapat menemukan penjual docang panas di banyak tempat jajanan di Cirebon, salah satunya di alun-alun Keraton Kasepuhan. Cirebon yang berada di pesisir utara Jawa ini terkenal dengan sederet menu makanan tradisional. Selain makanan docang khas Cirebon, ada banyak juga makanan lainnya yang bisa Anda buru di Cirebon ini, diantaranya tahu gejrot, nasi jamblang, empal gentong, nasi lengko, intip, kerupuk miskin / mlarat, tempe mendoan dan emping. Kapan ya Aku ke Cirebon lagi?? :-)

Related Post



Komentar :

ada 0 komentar ke “DONCANG”

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

alexa

Alexa Certified Traffic Ranking for http://coretanagnes.blogsppot.com

recent post

jam

bagaimana blok ini ?

Label

Labels

Followers

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by InFoGauL